Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil Agar Bayi Lahir Cerdas

Inilah Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil Agar Bayi Lahir Cerdas

Inilah Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil Agar Bayi Lahir Cerdas - Bunda, pasti tahu saat hamil, apa yang mesti Bunda konsumsi dapat memengaruhi proses perkembangan fisik dan mental anak selama bertahun-tahun yang akan datang. Oleh sebab itu maka penting bagi Bunda untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama menjalani masa kehamilan.

Bila Bunda ingin mendambakan memiliki buah hati yang cerdas dan pintar, tentu Bunda harus rajin mengkonsumsi jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak, baik sebelum hamil atau pun selama kehamilan. Karena perkembangan kognitif anak dimulai sejak ia berada di dalam rahim Bunda, dengan demikian Bunda bisa membantu meningkatkan IQ, kemampuannya berperilaku, serta meningkatkan daya ingat anak hingga dewasa kelak.

Nah, berikut ini makanan-makanan yang bisa Bunda konsumsi agar si Buah Hati lahir cerdas:

1. Ikan berlemak

Mengkonsumsi asam lemak omega-3 yang biasanya terdapat pada ikan berlemak seperti sarden, salmon, atau makerel sangat berperan penting dalam proses perkembangan otak bayi. Maka ibu hamil disarankan untuk setidaknya makan dua porsi ikan atau lebih dalam seminggu.

Berdasarkan penelitian pada 2007 yang dilakukan pada 12 ribu wanita hamil, anak-anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi kurang dari dua porsi ikan per minggu, memiliki skor yang rendah pada tes kecerdasan, perilaku dan perkembangan, dibandingkan dengan anak-anak yang lahir dari ibu yang makan setidaknya dua porsi ikan per minggu.

2. Mengkonsumsi susu

Ketika ibu hamil kekurangan zat besi, hal ini dapat berdampak pada perkembangan kognitif bayi secara keseluruhan. Selain itu, bayi Anda juga akan berisiko mengalami keterbelakangan mental. Nah maka ibu hamil perlu untuk mengonsumsi susu untuk mengembangkan fungsi kognitif yang sehat dan mendukung perkembangan otak Si Kecil.

3. Sayuran berdaun hijau

Seperti yang kita ketahui, sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, selada, dan kale, sangat baik dikonsumsi untuk membantu menjaga otak bayi Anda agar terlindungi dari kerusakan jaringan. Selain itu kandungan asam folat yang terdapat pada sayuran berdaun hijau diketahui dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf, bibir sumbing, dan berbagai cacat jantung pada bayi.

4. Buah blueberry

Selain baik untuk kesehatan mata, blueberry juga merupakan buah yang kaya antioksidan yang baik untuk perkembangan kognitif bayi Anda. buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imun Bunda selama hamil. Bila Bunda tidak menyukai blueberry, Bunda bisa mengonsumsi buah beri lainnya seperti strawberry, raspberry, atau blackberry, dengan tetap mendapatkan manfaat yang sama untuk meningkatkan perkembangan kognitif calon buah hati Anda.

5. Mengkonsumsi telur

Telur selain kaya akan protein dan rendah kalori sehingga dapat menjaga berat badan agar tetap normal selama hamil, telur juga diketahui kaya akan asam amino yang disebut kolin yang terbukti membantu perkembangan otak dan meningkatkan daya ingat bayi Anda ketika dewasa nanti.

6. Mengkonsumsi keju

Keju banyak mengandung vitamin D yang sangat baik untuk perkembangan kognitif janin. Maka untuk melahirkan bayi yang cerdas, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi keju. Namun pastikan Anda tidak mengkonsumsi keju terlalu berlebihan saat hamil agar berat badan Anda tetap terkontrol.

7. Kacang Almond

Ibu hamil juga direkomendasikan untuk juga mengkonsumsi segenggam kacang almond setiap harinya agar melahirkan bayi yang cerdas. Pasalnya selain mengandung lemak, magnesium, vitamin E, dan protein, kacang almond juga mengandung asam lemak omega-3 yang berpengaruh pada perkembangan kecerdasan otak bayi Anda.

8. Mengkonsumsi yoghurt

Yoghurt juga diketahui kaya akan kalsium yang dapat membantu mengoptimalkan pembentukan tulang janin. Namun selain itu, yoghurt juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kecerdasan bayi saat lahir nanti.

9. Kacang-kacangan

Seperti kita tahu bahwa, zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat mengangkut oksigen ke sel-sel saraf di otak bayi. Maka oleh sebab itu makan makanan yang mengandung zat besi dianjurkan bagi ibu hamil untuk mendukung perkembangan saraf dan otak bayi Anda. Bunda dapat mengkonsumsi makanan kaya zat besi, seperti ayam, sayuran hijau, kismis, dan lain-lain.

10. Biji Labu

Biji labu kaya akan zinc yang sangat berpengaruh pada pembentukan struktur otak yang tepat dan membantu pemrosesan informasi secara kognitif. Selain itu biji labu juga kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)

Post a Comment for "Inilah Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil Agar Bayi Lahir Cerdas"