Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah Jenis Pantangan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil 2 Bulan

Inilah Jenis Pantangan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil 2 Bulan

Inilah Jenis Pantangan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil 2 Bulan - Pada saat hamil muda kadang sering kali tidak terdeteksi. Keadaan ini bisa diakibatkan oleh faktor perubahan fisik yang belum begitu terlihat atau bahkan beberapa gejala yang belum muncul bagi ibu.

Ketika memasuk usia kehamilan dua bulan, pada sebagian ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan, namun tidak bagi sebagian lainnya. Dikutip dari Pampers, sebagian ibu hamil dua bulan akan mengalami gejala umum, di antaranya morning sickness, perubahan suasana hati, tidak selera makan, mulas dan gangguan pencernaan, sembelit, kembung, dan kelelahan.

Sementara itu pada bulan ini, bayi dalam kandungan akan mulai mengembangkan fitur wajahnya, seperti hidung, mulut, dan telinga yang mungil. Tunas kecil yang akan tumbuh menjadi lengan, jari di tangan, kaki, serta mata juga terbentuk di bulan kedua kehamilan.

Tabung saraf (otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan saraf lainnya dari sistem saraf pusat) terbentuk akan dengan baik. Saluran pencernaan dan organ indera juga mulai berkembang. Tulang mulai menggantikan tulang rawan dan embrio akan mulai bergerak, meski sang ibu belum bisa merasakannya.

Pada tahap selanjutnya yaitu akhir minggu ke delapan, atau sekitar akhir bulan kedua, si bayi akan berubah dari embrio menjadi janin. Adapun panjangnya, sekitar 2,54 centimeter (cm) dan beratnya sekitar 9,45 gram. Nah, selama proses masa kehamilan 2 bulan, janin masih rentan, sehingga Bunda harus sangat  berhati-hati dalam melakukan beberapa hal dan mengkonsumsi makanan.

Dikutip dari Pregnancy Birth Baby dan Simple India Mom, berikut ini beberapa pantangan yang perlu Bunda perhatikan pada kehamilan dua bulan:

1. Pijat dan akupunktur

Pijat umumnya dianggap aman saja selama kehamilan. Namun hal yang harus diingat bahwa pada area perut tidak boleh dipijat selama 3 bulan pertama kehamilan.

Sedangkan akupunktur, pada umumnya aman untuk dilakukan pada saat hamil. Namun Bunda harus mencari ahli akupunktur berkualifikasi yang sudah memiliki pelatihan dan pengalaman yang luas dengan ibu hamil. Beri tahu ahli akupunktur Bunda tengah hamil karena titik akupunktur tertentu tidak dapat digunakan dengan aman selama kehamilan.

2. Pewarnaan rambut

Beberapa penelitian menemukan bahwa terdapat dosis tinggi pada bahan kimia pewarna rambut, sehingga disimpulkan tidak baik jika dilakukan pada ibu hamil. Banyak ibu hamil yang memutuskan untuk menunggu untuk mewarnai rambut mereka sampai melewati usia 12 minggu pertama kehamilan, di mana risiko zat kimia yang membahayakan bayi jauh lebih rendah.

3. Sinar x-ray

Jika memungkinkan, Bunda harus menghindari rontgen ketika sedang hamil. Profesional kesehatan akan menilai apakah perawatan yang dibutuhkan dapat menunggu hingga Bunda melahirkan atau memanfaatkan pengobatan lain seperti pemindaian ultrasound.

Terdapat banyak risiko dari radiasi sinar-x terkait dengan tahap kehamilan, di mana paparan terjadi dan jumlah dosis yang akan memengaruhi janin. Ada sedikit risiko cacat lahir dan masalah perkembangan fisik dan mental.

4. Pantangan makanan

Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari pada saat sedang hamil 2 bulan karena mungkin apa yang dikonsumsi tersebut membuat Bunda sakit atau membahayakan kandungan. Hindari daging dan unggas yang kurang matang dan telur mentah karena mengandung salmonella.

Selain itu, kecambah mentah, daging dan salad serta burger dingin yang mungkin mengandung bakteri listeria. Jangan konsumsi ikan mentah dan ikan yang mengandung merkuri dan PCB tingkat tinggi, seperti hiu, king mackerel, salmon air tawar, bluefish.

Di samping dari itu, Bunda juga harus hindari buah-buahan seperti nanas dan pepaya mentah yang diyakini bisa menyebabkan kontraksi. Batasi juga asupan makanan seperti kue, daging olahan, pizza, burger, dan makanan gorengan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

5. Pantangan minuman

Tidak ada tingkat alkohol yang  aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Bagi ibu yang merencanakan kehamilan, tengah mengandung, atau menyusui, disarankan harus menjauhi alkohol adalah pilihan paling aman karena minuman tersebut dapat membahayakan bagi bayi dan janin yang belum lahir.

Selain itu, Bunda harus hindari serta batasi asupan minuman berenergi dan berkarbonasi yang mengandung gula tambahan. Begitu juga dengan menghindari merokok dan konsumsi kafein terlalu banyak karena bisa meningkatkan risiko keguguran, berat lahir rendah dan mengalami kelahiran yang sulit.

6. Obat-obatan

Bunda harus berhati-hatilah dengan jenis obat yang Bunda konsumsi. Misalnya, jangan minum antibiotik atau obat penghilang rasa sakit yang tidak disarankan oleh dokter disebabkan dapat menyebabkan masalah serius di kemudian hari. Sebaiknya, Bunda berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter kandungan jika akan mengonsumsi obat-obatan.

Post a Comment for "Inilah Jenis Pantangan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil 2 Bulan"